Ibunda Para Ulama

Judul Buku: Ibunda Para Ulama

Harga Buku: –

Pengarang: Sufyan bin Fuad Baswedan

Penerbit: Wafa’ Press

 

Ini adalah buku yang menurut saya harus dimiliki oleh seorang muslimah yang membutuhkan bacaan yang memotivasi dirinya agar meneladani para ibunda ini. Buku yang memberikan suatu inspirasi bagi seorang muslimah, bahwa untuk membentuk generasi Robbani tergantung pada bagaimana seorang ibu bersikap dan memperlakukan anaknya. Oleh penulis kita akan dibawa memasuki kehidupan para ibu yang telah melahirkan dan mendidik para ulama besar yang mengharumkan nama Islam. Bagaimana para ibunda tersebut memahami bahwa hidup mereka diHambakan pada Allah semata. Mereka adalah media tarbiyah pertama bagi generasi muslim. Lewat tangan-tangan dan didikan muslimah-muslimah yang sangat cinta dan rindu akan Jannah tercipta Ulama-ulama besar seperti Anas bin Malik Radhiyallahu, hasan al Bashri, Imam Syafi’I, Umar bin Abdul ‘Azis (Rahimahumullah), dan juga para mujahid-mujahid Islam.

Buku ini mengingatkan bahwa kita tidak hanya mengagumi bagaimana kecerdasan imam Syafi’i, kejeniusan Hasan al Bashri, atau keberanian Mujahid-mujahid tersebut, tetapi kita juga sudah selayaknya menengok siapakah sosok mulia yang menghantarkan tokoh-tokoh mulia ini menjadi seorang yang istimewa. Kisah pada buku ini diawali dengan kisah Ummu Sulaim yang tentu tidak asing bagi kita, betapa besar cintanya beliau terhadap Rasulullah SAW hingga menghadiahkan putra beliau untuk membantunya. Beliau adalah Anas bin Malik ra pembantu setia Rasulullah SAW yang juga menjadi sahabat dekatnya. Karena peran Ummu Sulaim jualah Anas bin Malik menjadi seprti perguruan tinggi yang juga meluluskan ulama-ulama hebat. Buku ini kemudian ditutup dengan kisah (yang menurut saya tragis namun begitu heroik) tentang seorang mujahid muda, yang direlakan ibunya untuk berjihad bersama Abu Qatadah walaupun usianya masih muda dan juga ayahnya telah mendahuluinya gugur di medan jihad. Begitu besar keinginan pemuda ini untuk berjuang membela Islam yang akhirnya dia gugur menjemput  al-Mardhiyyah dalam mimpinya. Sekembali dari peperangan Abu Qudamah mengabarkan berita kematian pemuda ini pada ibunya. Adik perempuan yang begitu sangat mencintai pemuda ini ketika mendengar berita tersebut akhirnya pingsan tidak sadarkan diri kemudian akhirnya meninggal juga. Sang Ibu tetap tabah dan berharap mereka akan dikumpulkan di JannahNya kelak. Pada buku ini juga dititipkan pesan tentang pentingnya air susu dan manfaatnya pada perkembangan seoranga anak. Seorang Ibu hendaknya tidak menyusukan anaknya pada seorang perempuan yang bodoh dan dungu (namun yang terjadi sekarang bukankah lebih parah..??susu kaleng…??)

Demikianlah semoga para akhwat yang membaca buku ini jadi termotivasi untuk membentuk generasi-generasi yang dapat dibanggakan oleh Nabi SAW, dan bagi para Ikhwan juga termotivasi untuk mencari Ibu yang baik bagi anak-anaknya kelak. Karena memilih ibu yang baik adalah termasuk Hak anak.

NB: Saya juga merekomendasikan buku dari pengarang yang sama dengan judul “Lautan Mukjizat dibalik balutan Jilbab”. Buku yang berisi manfaat-manfaat yang telah dikaji secara ilmiah dari kewajiban berjilbab bagi seorang Muslimah. Sangat cocok bagi akhwat yang masih ragu untu memakai Jilbab Syar’i dan berguna pula bagi yang sudah syar’i jilbabnya untuk dijadikan sarana berdakwah kepada yang belum mengingat maraknya fenomena Jilbab mini dan tabarruj yang melanda muslimah di negeri tercinta ini. Semoga dengan membacanya anda mempunyai kemantapan hati untuk memnunaikan syariat ini dan menepis segala keraguan bahwa Jilbab tidak wajib dan hanya cocok untuk budaya Arab saja seperti yang didengungkan tokoh-tokoh yang mengaku dirinya tokoh Islam.

 

 

2 Responses to Ibunda Para Ulama

  1. rumahide says:

    wah keren sekali bukunya. jadi pingin mencari buku itu. Di mana ya bisa mendapatkan buku tersebut?

    iya, bukunya memang bagus….
    Lebih mudah kalo nyarinya di toko buku islam. Mungkin sudah ada disekitar kita,.
    Selamat mencari…

  2. Assalaamu’alaikum wr wb…
    Pertama, ana ucapkan Jazakumullah alfa alfa khairan atas resensi Antum terhadap buku ana, dan hal ini sangat memotivasi ana untuk menulis buku-buku lainnya. Btw, resensi ini ana muat di blog ana: basweidan.wordpress.com dan di sana Antum bisa mendapatkan tulisan-tulisan lain yang insya Allah bermanfaat,
    Syukran, Wassalaam…
    Sufyan Fuad Baswedan, Lc (Madinah Al Munawwarah-KSA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: