My Sweet Little Angel

Kemarin saya pulang ke rumah, walaupun cuma 2 hari lebih sedikit. Waktu yang singkat memang, mengingat saya sekarang sudah terpisah lumayan jauh dengan keluarga dan juga ongkos yang tidak kecil yang harus saya keluarkan. Sampai-sampai ibu kos saya kaget melihat saya yang berangkat hari kamis siang sudah muncul lagi minggu paginya, teman saya pun nyeletuk menyamakan saya dengan eksekutif muda yang hobi keluar kota untuk satu dua hari saja. Namun betapapun sempitnya waktu, saya harus pulang karena perasaan rindu-masakan-rumah sudah tidak terbendung lagi.

Dalam perjalanan pulang, di pesawat saya bersebelahan dengan seorang bapak dan putri kecilnya. Pikiran saya melayang mengingat keponakan saya, yang saya kira gadis kecil ini seumuran dengannya begitu pula perawakannya yang juga mirip. Gadis kecil di pesawat ini menangis merengek meminta dibelikan boneka barbie kepada ayahnya, saya pun tersenyum melihat tingkah lakunya sedangkan ayahnya terlihat sedikit kesal terhadap pramugari yang telah berhasil menggoda sang gadis kecil dengan barang-barang in flight shop-nya. Selain perasaan rindu-masakan-rumah, keponakan kecil saya juga yang menjadi alasan saya pulang. Saya tidak ingin apabila saya terlalu lama tidak bertemu dengannya menyebabkan ia melupakan saya.

Sesampainya di rumah kakak perempuan saya tubuh saya sedikit basah dikarenakan bis Surabaya-Semarang yang saya tumpangi atapnya bocor dan terpaksa sepanjang perjalanan dari mulai Terminal Bungurasih saya duduk dengan sesekali mengusap bangku yang basah oleh air hujan. Kakak ipar saya menjemput di depan pintu perumahan dan tidak saya duga keponakan kecil saya juga turut serta kendati hujan masih mengguyur. Sorotan matanya seolah menyiratkan bahwa pikirannya kembali mengurai memori yang kusut manakala ia menatap wajah saya, ragu dengan kenangan yang sekilas terekam. Syukurlah saat di rumah pita memorinya sudah terjalin rapi sehingga ia sudah mulai bergelayut manja di pangkuan saya.

Saya semakin terharu ketika ia masih ingat manakala saya tunjukkan rekaman videonya di HP saya saat lebaran yang lalu. Sambil tertawa ia berceloteh bahwa baju yang dikenakannya kala itu sudah tidak muat lagi sekarang. Ia bilang pada saya bahwa waktu ia masih kecil, padahal itu baru terjadi beberapa bulan yang lalu saja. Satu hal yang saya kagumi dari kemponakan saya adalah intelegensinya yang didapatnya dari buah kemajuan dalam bidang pendidikan saat ini, dimana sekarang sudah banyak berdiri lembaga-lembaga yang menyediakan jasa pendidikan anak usia dini atau lebih dikenal dengan play group. Anak seusianya sudah bisa mengeja beberapa kata, tentunya dengan teknik dan trik khusus agar ia bisa mengenali huruf yang dibacanya. Ia juga sudah mampu berhitung sampai angka 20. Mungkin sangat jauh dengan kenyataan pada diri saya waktu seusianya. Praktis selama di rumah saya menghabiskan waktu dengan bercengkrama bersama keluarga yang kebetulan lengkap anggotanya dan bermain-main bersama keponakan kecil saya.

Saya mendapatkan tiket pesawat balik dengan jadwal penerbangan pukul 6 pagi pada hari minggu. Hal tersebut mengaharuskan saya untuk berangkat pagi-pagi sekali dari rumah. Keluarga telah memutuskan untuk mengantar saya ke bandara sekalian rekreasi dan berbelanja di Surabaya, dan tak lupa keponakan kecil saya turut serta diajak. Pertama kami sekeluarga menduga ia akan menangis atau setidaknya meronta-ronta saat ia harus dibangunkan pukul 2 pagi. Namun diluar dugaan, ia malah tersenyum-senyum girang sambil menanyakan bahwa apakah kita akan ke Surabaya. Ia juga yang malah dalam perjalanan terlihat tidak tidur ditengah anggota rombongan yang lain terlelap. Matanya berbinar-binar sambil sesekali menengok keluar jendela mengamati jejeran tenda korban banjir yang kami lewati.

*Teringat puisi yang kutuliskan untuknya dalam perjalanan Jakarta-Tasikmalaya

Leave a Reply

