Aisyah Mengoreksi Para Sahabat

Judul Buku: Aisyah Mengoreksi Para sahabat

Penulis: Imam Badruddin Az-Zarkasyi

Penerbit: Pustaka Azzam

Tebal: 236 halaman

Adalah Sa’id Al Afghani yang telah bertahun-tahun menekuni studi tentang Sayyidah ‘Aisyah yang secara tidak sengaja menemukan arsip manuskrip ini di perpustakaan Azh-Zhaahiriyyah (Damaskus) yaitu sebuah risalah apik karya Imam badruddin Az-Zarkasyi Asy-Syafi’i. Kemudian beliau berniat menyampaikan risalah ini ke khalayak ramai. Didalam buku ini dijelaskan betapa dalamnya perbendaharaan ilmu Sayyidah ‘Aisyah. Pengetahuan beliau dalam berbagai disiplin ilmu anatar lain ilmu fikih, hadist, tafsir, syariat, sastra, medis historidsb yang beberapa diantaranya sudah beliau kuasai sebelum beliau berusia 18 tahun.

Buku ini terbagi menjadi bagian-bagian layaknya sebuah karya tulis (dan memang ini sebenarnya adalah suatu karya tulis ilmiah) mukadimah yang berisi Abstraksi Kitab, Seputar pengarang, dan Identitas Manuskrip Asli. Kemudian Bab 1 yang berisi Biografi dan Keutamaan ‘Aisyah. Bab 2 berisi Koreksi ‘Aisyah terhadap sahabat senior.Bab 3 berisi Koreksi ‘Aisyah dalam permasalahan global. Penutup yang berisi appendiks dan lampiran kopian naskah dari putra penulis. Sangat sulit bagi saya untuk memberikan gambaran yang pas mengenai buku ini

kedangkalan ilmu yang saya miliki. Pokoknya di buku ini disebutkan betapa posisi Sayyidah ‘Aisyah diantara Para Sahabat seperti posisi seorang guru terhadap murid. Misalnya Umar radyiallahu’anhu yang selalu bertanya mengenai masalah kewanitaan dan juga kehidupan rumah tangga Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, dimana tidak seorang pun yang menandingi ‘Aisyah radyiallahu’anha untuk urusan seperti itu. Apabila ada beberapa riwayat yang salah atau kurang tepat didengar oleh telinga Sayyidah ‘Aisyah, beliau tidak segan-segan untuk langsung mengoreksinya.

Beliau adalah sosok yang haus ilmu dan paling dekat dengan sumber ilmu pengetahuan karena hidup serumah dengan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam sebagai sentral penerima wahyu. Seperti halnya orang yang memutuskan untuk menyebarkan risalah ini menemukannya di perpustakaan harta yang terpendam saya menemukan buku ini juga secara tidak sengaja di bookfair tahun 2006 di tumpukan buku-buku obralan murah (5000-an rupiah) buku ini sangat berharga bagi saya tapi sayang karena kedangkalan ilmu saya banyak yang saya tidak mengerti dari buku ini.

3 Responses to Aisyah Mengoreksi Para Sahabat

  1. yanti says:

    Subhanallah… ini satu lagi bukti… kenapa Allah memilih wanita yang mulia ini… Sayyidah ‘Aisyah.. sebagai pendamping nabi. Dengan usia remajanya…, pasti beliau sangat mudah “dididik” Rasullullah… menjadi wanita utama…. Terbukti ya…

    Oya… mas.. kok sudah… beberapa hari vakum ya???
    Tugas daerah???
    Mudah-mudahan Allah selalu memberi anda kesehatan dan iman….

    Vakum? Ga kok…

    Cuma lagi asyik dgn hal yg laen

    Mungkin akhir bulan ini saya baru tugas ke daerah lagi…

    Amin, makasih do’anya
    Barakallah…

  2. oRiDo says:

    dari sisi kewanitaan, Aisyah memang sebagai sosok teladan, mengingat Aisyah paling dekat dengan Rasulullah saw.
    semoga peran Aisyah tidak tertutupi dan dapat menjadi contoh bagi kita semua..

  3. agil says:

    Buku ini sangat bagus dan buku ini membuka mata kita umat Islam bahwa ternyata para sahabat-pun pernah keliru dalam menyampaikan hadits Nabi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: